Thursday, August 16, 2012

Mencari Pendidikan Lanjutan yang murah sambil bekerja

Saat ini mencari pendidikan lanjutan untuk SMU atau sekolah tinggi yang murah sulit sekali. Apalagi kalau kita sambil bekerja, yang waktunya terbatas untuk belajar. Kadang ada beasiswa untuk pendidikan, tapi lokasinya jauh dari tempat tinggal dan tempat kerja, sehingga menyulitkan untuk menempuhnya.
Prihatin dengan biaya pendidikan yang tinggi, bagaimana nasib pekerja yang tidak mampu secara materi apakah akan berhenti untuk belajar? kasian sekali karena situasi dan kondisi harus berhenti untuk mendapatkan pengetahuan dan pendidikan yang dibutuhkan.

Tapi saat ini ada internet yang bisa memudahkan kita mendapatkan pengetahuan dan pendidikan tanpa harus menempuh jarak yang jauh untuk belajar. Sebelum adanya Internet, masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan (di seluruh dunia) adalah akses kepada sumber informasi. Perpustakaan yang konvensional merupakan sumber informasi yang sayangnya tidak murah. Buku-buku dan journal harus dibeli dengan harga mahal. Pengelolaan yang baik juga tidak mudah. Sehingga akibatnya banyak tempat di berbagai lokasi di dunia yang tidak memiliki perpustakaan yang lengkap. Adanya Internet memungkinkan mengakses kepada sumber informasi yang mulai tersedia banyak. Dengan kata lain, masalah akses semestinya bukan menjadi masalah lagi.

mencari pendidikan yang murah sambil bekerja sekarang bisa didapat melalui internet dan belajar online. Akses Internet yang mudah diperoleh membuat pendidikan bisa dipelajari dimana saja. Cuma sayang, Guru belum siap. Guru di Indonesia masih belum siap untuk menggunakan Internet sebagai bagian dari pengajarannya. Padahal guru merupakan salah satu pengguna yang dapat memanfaatkan Internet sebaik-baiknya. Salah satu contohnya adalah mencari soal-soal latihan untuk kelasnya. Jika setiap guru di Indonesia membuat dua soal dan menyimpannya di Internet, maka akan ada ribuan bahkan bisa jutaan soal yang dapat digunakan untuk latihan di kelas, Mari Belajar!

No comments:

Post a Comment