Sunday, August 26, 2012

Guru PAUD bisa jadi PNS

Pendidikan Anak Usia Dini atau biasa disebut PAUD, bermanfaat sekali dan penting untuk kecerdasan seseorang. Tapi apakah guru yang mengajar sekolah PAUD juga penting dan ditunjang oleh pemerintah? Kenyataannya, menjadi guru PAUD adalah panggilan sosial dan tidak mendapat imbalan yang layak seperti pengajar pada umumnya atau Pengawai Negri Sipil di bidang pendidikan. Kita tidak tau kapan guru PAUD bisa jadi PNS dan mendapat fasilitas yang sama seperti pegawai pemerintah yang lain.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting bagi anak. Karena di usia dini, mereka akan belajar pondasi-pondasinya. Mereka diajarkan dengan cara yang mereka ketahui, yakni lewat bermain. Tetapi bukan sekadar bermain, tetapi bermain yang diarahkan. Lewat bermain yang diarahkan, mereka bisa belajar banyak; cara bersosialisasi, problem solving, negosiasi, manajemen waktu, resolusi konflik, berada dalam grup besar/kecil, kewajiban sosial, serta 1-3 bahasa yang dipergunakan sehari-hari.

Pendidik anak-naak di progran PAUD tentunya tidak semua bisa, karena guru / pendidik PAUD harus memahami jiwa dan faktor psikologis anak agar di masa depannya bisa berkembang menjadi manusia yang baik dan berguna bagi nusa dan bangsa. Guru yang tepat untuk membimbing siswa di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah harus memahami jiwa anak. Sebab, pada dasarnya anak pada usia itu hanya untuk bermain, namun, pada PAUD ini mereka disiapkan untuk belajar.

Saat ini, banyak guru PAUD yang berimpian bisa jadi PNS, hal ini karena memang pegawai negeri mendapat fasilitas yang memadai oleh pemerintah RI, dan tentunya menunjang taraf kehidupan para pendidik tersebut.

1 comment: